top of page

CARA DOWNLOAD DAN INSTAL ILWIS

Tujuan: mengetahui cara download dan intalasi perangkat lunak ILWIS


Perangkat lunak ILWIS (Integrated Land and Water Information System) merupakan salah satu perangkat lunak ‘gratis’ untuk pengolahan data spasial baik yang berbasis vektor ataupun raster. Perangkat ini dikembangkan dari Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation, University of Twente untuk kepentingan studi geografi fisik khususnya lahan dan hidrologi.


A. Cara Download ILWIS Open


Kunjungi situs ini http://52north.org/communities/ilwis/ilwis-open/download untuk mendapatkan ILWIS versi terbaru. Berdasarkan situs komunitas 52north tersebut, versi terbaru ILWIS adalah versi 3.8.5 yang dirilis tanggal 03 Sept 2015



Terdapat dua pilihan yaitu multiple file download dan package. Pilih package untuk mengunduh dalam satu paket instalasi lengkap. Kemudian klik download.



Tunggu sampai pengunduhan selesai untuk file ukuran 27.2 mb tersebut.



Perangkat ILWIS sudah siap dipasang di komputer anda.



B. Cara Instal ILWIS Open


Buka file hasil unduhan diatas menggunakan WinRar atau perangkat lunak semacamnya. Kemudian ekstrak file-file tersebut ke tempat penyimpanan yang anda inginkan.



Untuk memulai instalasi, buka file hasil ekstraksi tersebut, kemudian pilih “setup”. Kemudian klik “next” untuk melanjutkan instalasi.




Kemudian akan muncul kotak dialog untuk memilih user. Ada dua pilihan yaitu install untuk semua orang yang menggunakan komputer anda atau untuk diri anda sendiri. Pilihan ini disesuaikan kebutuhan anda, kali ini pilih opsi pertama yaitu Install for anyone using this computer. Klik “next”




Untuk instalasi perangkat lunak ini dibutuhkan ruang memori 70.4 mb pada komputer anda. Pilih tempat anda melakukan instalasi. Untuk mengubahnya, klik “browse” dan pilih destinasi folder. Kemudian klik “OK”.



Jika lokasi folder sudah ditentukan kemudian klik “next”.



Akan muncul kotak dialog Choose Start Menu Folder untuk memilih folder tempat penyimpanan hasil instalasi pada menu Start komputer anda. Klik “Install”. Kemudian akan berlangsung proses instalasi seperti gambar dibawah. Tunggu sampai proses selesai (100%).


Klik “next” setelah proses selesai,



dan terkahir klik “finish”, Perangkat lunak ILWIS Open 3.8.5 sudah siap dipakai.




***Semoga Bermanfaat ***
















bottom of page